Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Kode MySQL Ke MySQLi Dengan MySQLConverterTool-master Pemograman PHP

Assalamualikun Wr Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan membagiakan tutorial bagaiamana cara mengubah kode mysql ke mysqli karena pada versi PHP 7 keatas ekstensi MySQL sudah di hapus dan tidak dapet digunakan lagi ,karena beberapa alasan keamanan dan faktor lainnya.

adapun jika kalian sudah membuat aplikasi yang dulu menggunakan PHP versi 5 saat di hosting menjadi bermasalah karena penyedia hosting sudah tidak mensupport PHP 5 dan tugas dulu kalian juga yang masih menjadi kenangan dengan PHP versi 5 hehe, cara ini bisa digunakan untuk mengatasinya, Sebelumnya kalian harus tahu 'Apa itu MySQL dan MySQLi'

Baca Juga : Pengertian PHP

#MySQL

PHP MySQL extension merupakan sebuah extensi yang didesain untuk menyediakan tampilan yang procedural yang dikembangkan untuk MySQL server dengan versi 4.1.3 ke bawah. Pada versi 4.1.3 ke atas extension ini juga dapat dipakai, tapi tidak semua fitur yang tersedia di MySQL server tersedia di sana.

#MySQLi

Sedangkan PHP MySQLi extension biasa dikenal dengan pengembangan MySQL (MySQL improved extension). Extension ini dikembangkan supaya pengembang aplikasi yang ingin menggunakan MySQL dapat menggunakan fitur barunya secara penuh.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan MySQLi, antara lain:
  • Tampilan yang object-oriented
  • Mendukung prepared statement
  • Support multiple statement
  • Mendukung proses transaksi
  • Pengembangan kemampuan debugging
  • Dukungan embedded server
oke setelah kalian agak paham sedikit tentang definsi dan perbedaan nya kita langsung saja ke cara mengubah kode MySQL ke MySQLi :

Baca Juga : Cara Install Wordpress Di Localhost Xampp

1. Pertama kalian harus mendowload tool nya terlebih dahulu MySQLConverter Tool
2. Kedua ekstrak folder zipnya ke dalam folder htdocs
3. Buka file tool convert di localhost , buka xampp kalian dak aktifak apache dan mysql nya, kemudian buka browser kesayangan kalian kemudian ketikan localhost/MySQLConverterTool-master sesuaikan dengan nama folder.
4.kemudian akan muncul tampilan seperti di gambar bawah ini


5. Pilih salah satu fitur yang anda inginkan , diatas terdiri dari 3 fitur yaitu : 
  a, Convert a directory = Anda dapat mengconvert semua file yang ada dalam folder aplikasi Anda.
  b. Conver a file = Anda dapat mengconvert satu file saja,
  c. Convert a code snippet =  Anda dapat mengconvert code snipet.
silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kalian ,dengan meng-klik tulisan kuning , pada studi kasus ini saya memilah yang paling atas Convert a directory, dan tampilan form yang akan muncul seperti ini
copy direktori project kalian yang masih menggunakan PHP 5 dan MYSQL dan pastekan  ke kolom direktori , lalu abaikan untuk pengaturan lainnya.
*Catatan : untuk pilihan update file yes dan secara otomatis backup files akan tercentang ( ini hanya rekomendasi aja apa bila kalian masih membutuhkan file yang lama untuk kenangan) dan file yang di backup sebelumnya akan berubah , contoh koneksi.php menjadi koneksi.php.org

6. Done , jika kalian mendapati error atau warning jangan panik, silahkan dilihat pesan kesalahannya ada pada file dan line berapa, tapi pada umumnya terjadi pada file koneksi yang kurang tanda petik ' ' pada nama database, atau jika kalian bingung  bisa bertanya di kolom komentar atau whatsapp (fast respond)
Lihat Juga : Source Code Aplikasi Pencatatan Keuangan Dengan PHP PDO
#Kesimpulan 

Setelah diubah atau dikonversi hasilnya hanya mengubah kode PHP atau MySQL ke MySQLi saja, hasilnya tetap sama.
Catatan : Sebelum menjalankan proses konversi, buatlah backups semua file dan melakukan test running semua kode sebelum diterapkan. Tool konversi hanya mengkonversi kode, tetapi tidak menambahkan sesuatu untuk menghindari masalah keamanan seperti SQL Injeksi.

Nah demikan untuk QuickTip kali ini semoga bermanfaat , oh iya jangan lupa ikuti fanspage dan instagram kami agar tidak ketinggalan info menarik lainnya , bisa dilihat DISINI

wassalamualikum wr wb

Fauzi Pnd
Fauzi Pnd Adalah seorang pemuda yang suka mempelajari hal-hal yang baru sambil nyari duid.

2 komentar untuk "Cara Mengubah Kode MySQL Ke MySQLi Dengan MySQLConverterTool-master Pemograman PHP"

  1. kalo ini kenapa ya kak?
    Fatal error: Array and string offset access syntax with curly braces is no longer supported in C:\xampp\htdocs\Converter-Tool-PHP-And-MYSQL-master\Converter-Tool-PHP-And-MYSQL-master\Converter.php on line 397

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada kesalahan penulisan dalam source code yang mau di convert

      Hapus